Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tahsin IQRA SDN Gombang

Lokasi: Gombang, Tirtoadi, Mlati, Sleman, D.I.Yogyakarta.

Tahsin IQRA SDN Gombang, Mulai sejak 10 januari 2020, pada saat pembelajaran pertama dilakukan Pretest terlebih dahulu, untuk memastikan kemampuan setiap siswa maka prestest dilakukan secara sungguh-sungguh. Hasil Pretest digunakan untuk pembagian kelas yang tadinya kelas 1-5 menjadi Kelas A-E. hasil dari Pretest dikaji dan dianalisis.

Kajian analisis berfungsi sebagai langkah pembelajaran, bagaimana penanganan di suatu Sekolah Dasar? Kajian analisis pembelajaran meliputi; (a) ketika telah menemukan, (b) kondisi sekolah,  (c) menemukan fakta-fakta temuan, (d) sampai akhirnya mampu memberikan rumusan penanganan.

Sesuai skema dibawah ini:

 


Urutan skema ini menentukan Rumusan penanganan di SDN tersebut. Kebetulan SDN Gombang adalah SDN yang baru untuk Ekstra BTQ, maka penanganannya dari Awal menggunakan Peraga IQRA. Dan tidak semua menggunakan peraga IQRA dikarenakan ada yang sudah Lancar membaca Alquran. 

Hasil dari analisis ini disampaikan kepada Kepala Sekolah selaku penyelenggara kegiatan ekstra tersebut. Ada dua kelas yang menjadi Pioneer untuk kegiatan BTQ yakni kelas E dan C, umtuk kelas E di isi dengan Alwaqfu walibtida dan Kelas C di Isi dengan Hafalan surah-surah Pendek diawali dari Al humazah. Selain kelas C dan E diberi pelajaran menggunakan Peraga IQRA.

Hasil pembagian kelas sebagai berikut: kelas A untuk kemampuan jilid 1-2, kelas B untuk kemampuan jilid 3-4, dan kelas C untuk kemampuan jilid 5-6 sampai Alquran.Pada kelas atas yakni kelas 4, 5 menjadi kelas D dan E untuk pembagian yang kelas IQRA di kelas D dan Kelas Tahsin berada dikelas E. Kelas tahsin yang yang berada di kelas E terdapat perkembangan menurut ustadz Affandi sebagai Pengampu kelas tersebut.


Posting Komentar

0 Komentar